People Innovation Excellence

Berpikir Strategik Dalam Perubahahan Organisasional [Bagian 9/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Lebih dari semua itu para manajer perlu memahami bahwa realisasi visi organisasi diperlukan lebih dari sekedar bicara saja. Suatu visi harus tertanam dalam sistem sosio-teknik dan sub-sistem organisasi masing-masing. Misalnya,   menghubungkan visi dengan proses anggaran, orientasi nilai para pekerja, promosi jabatan, evaluasi kinerja, bonus, dan kegiatan ketenagakerjaan lainnya. Tidak berarti bahwa  para manajer yang telah melakukan pemikiran dan perencanaan strategik secara otomatis organisasinya akan unggul dan bertahan lama, dimana hukum alam dari perubahan akan terus berlanjut. Sebaliknya melalui pemikiran dan perencanaan strategik, akan lebih banyak perubahan baru yang menantang dapat diprediksi. Para manajer – baik disektor bisnis, publik, swasta atau bahkan NGO – dapat memperoleh manfaat dari pemikiran strategik dalam memandu pertumbuhan yang cepat dari organisasi mereka. Mereka dapat menggunakan berbagai macam  metode dalam mengembangkan  pemikiran strategik dan memformulasikan visi melalui kekhasan organisasi masing-masing. Jika seorang manajer telah mencapai manajemen puncak yang berpengalaman, maka ia dapat membantu  cara menggunakan teknik  dan metode yang  memungkinkan bawahannya belajar tentang cara berfikir strategik. Sebaliknya, jika seorang manajer belum mencapai manajemen puncak dan masih terbatas pengalamannya, maka ia dapat mencari cara untuk menggabungkan pemikiran strategiknya dalam lingkup pengaruh dan wewenangnya. Pemikiran strategik merupakan praktek yang sulit dielakkan oleh para manajer yang ingin terus maju, seiring dengan tempo perubahan yang terus-menerus. Para manajer akan semakin bergantung pada pemikiran strategik  untuk memperoleh kepastian tentang arah yang benar. Mereka senantiasa perlu menyadari, bahwa strategi yang efektif, adalah serangkaian tindakan terpadu yang dirancang untuk menciptakan keuntungan yang berkelanjutan diatas organisasi pesaingnya. Hikmah yang dapat dipetik dari paparan tersebut, adanya keharusan dari lembaga perguruan tinggi, baik negeri (PTN) maupun swasta (PTS) untuk membangun Corporate University dalam rangka melahirkan tim manajemen – yang berwawasan strategik – bertaraf global, atau paling tidak regional, dalam rangka mensetarakan posisinya sebagai world class university.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close