People Innovation Excellence

Manajemen Bisnis dan Budaya Organisasi [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Komputer telah menjadi alat produktivitas pada  abad ke-21 ini. Dalam konteks ini, bisnis komputerisasi telah merebak menjadi tren zaman, yang tadinya tiada menjadi ada. Misalnya, muncul berbagai bisnis perangkat lunak untuk  keuangan dan manajemen bisnis seperti UF Software Group China yang diluncurkan di bawah program nasional. Begitu juga internasionalisasi organisasi dan manajemen telah menjadi topik dan karakteristik baru untuk pembentukan era manajemen baru. Internasionalisasi organisasi bisnis, tidak hanya menghadapi kebijakan  pasar internasional, budaya,  hukum dan sosial, akan tetapi juga berdampak pada perubahan besar dalam manajemen operasional bisnis, termasuk  dana keuangan, sistem akuntansi dan  sistem mutu.  Semua jenis bisnis, terlepas dari skala dan ukuran, baik di sektor bisnis atau publik swasta ataupun negara, domestik maupun asing, kesemuanya harus berkompetisi untuk kelangsungan hidup dan pembangunan. Tidak terkecuali, sejumlah perusahaan milik negara (BUMN/BUMD) harus ikut dalam persaingan dalam memenangkan regenerasi. Dengan perkataan lain, untuk tetap kompetitif setiap organisasi bisnis tersebut harus meng-update  manajemen era baru. Para pemimpin bisnis harus mengesampingkan pendekatan manajemen tradisional dan beranjak pada pengelolaan tentang “sifat manusia “, dengan lebih memberi perhatian pada aspek cinta, akal-nurani dan hukum. Praktik manajemen secara demokratik bertujuan  untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Para pemimpin harus memahami hubungan yang saling menguntungkan, murah-hati, kesediaan  untuk mendengarkan, sebagai cara yang demokratik untuk berinteraksi dengan para pekerja agar merasa lebih dihargai dan bersedia menunjukkan produktivitas kerjanya. Manajemen abad ke-21 adalah era cepat dalam mengungguli operasi, inovasi, pemasaran, pelayanan, dan senantiasa menekankan koordinasi dan pemecahan masalah secara tepat waktu, kelancaran operasi, pemasaran dan logistik, dimana kualitas proses manajemen dikembangkan melalui aspek-aspek perencanaan yang cermat, antusias, berfikir terbuka, dan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close