People Innovation Excellence

Manajemen Bisnis dan Budaya Organisasi [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Suatu  platform umum dimana orang bekerja bersama-sama untuk mendapatkan keuntungan serta penghidupan bagi mereka sendiri, maka tindakan tersebut dapat disebut sebagai langkah berorganisasi. Begitu pula, adanya sebuah tempat di mana individu berupaya mewujudkan impian yang membuatnya besar, dapat juga disebut sebagai sebuah organisasi. Setiap organisasi memiliki gaya kerja yang unik dan sering memberikan kontribusi untuk budayanya. Suatu keyakinan, ideologi, prinsip dan nilai-nilai organisasi akan membentuk budayanya sendiri.  Budaya kerja dapat mengendalikan  cara pekerja berperilaku di antara mereka sendiri serta dengan orang-orang di luar organisasi. Atau dengan kata lain, budaya telah menentukan cara para pekerja berinteraksi di tempat kerja mereka. Sedangkan sebuah budaya yang sehat dapat mendorong para pekerja untuk tetap termotivasi dan setia terhadap manajemen. Demikian pula halnya, melalui budaya kerja dapat dibentuk model persaingan yang sehat di tempat kerja. Para pekerja akan berupaya melakukan hal terbaik dan mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari atasan mereka. Adanya budaya kerja yang sehat, hal ini benar-benar akan memicu motivasi kerja, dan karenanya setiap organisasi perlu menetapkan pedoman bagi para pekerja untuk bekerja sesuai harapan mereka. Budaya organisasi merupakan kebijakan standar tertentu yang dapat memandu para pekerja untuk memiliki  rasa adanya arah dan kepastian di tempat kerja. Setiap pekerja perlu memiliki pedoman yang jelas tentang peran dan tanggung jawab mereka dalam organisasi dan tahu bagaimana cara menyelesaikan tugas-tugas di setiap waktu. Tentu saja, tidak ada dua organisasi memiliki budaya kerja yang sama. Setiap budaya kerja dapat menciptakan brand image organisasinya tersendiri, sehingga budaya kerja dapat memberikan identitas untuk organisasi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close