People Innovation Excellence

Manajemen Bisnis dan Budaya Organisasi [Bagian 8]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Budaya organisasi tidak terbentuk dalam satu hari. Budaya adalah hasil kumulatif dari interaksi antara para pekerja dan pola perilaku mereka di tempat kerja. Sebuah budaya terbentuk ketika individu mengikuti nilai-nilai tertentu dan mematuhi suatu pedoman selama periode waktu yang cukup lama. Masalah kemudian timbul ketika para pekerja baru masuk ke dalam organisasi, dimana mereka membawa ide-ide baru, rencana baru,  tindakan dan konsep baru, sehingga dapat menimbulkan masalah bagi para pekerja lama. Dengan kata lain, timbul masalah penyesuaian diri dengan budaya kerja yang berlaku . Diantara para pekerja banyak yang  merasa sulit untuk berkonsentrasi dan cenderung kehilangan minat pada pekerjaannya. Pada gilirannya, bagi mereka mungkin pekerjaan menjadi beban dan mereka hadir ke tempat kerja hanya untuk mendapatkan uang semata. Hati mereka tidak pernah melekat pada tempat kerja mereka. Dalam kasus tertentu, budaya juga dapat menjadi beban organisasi . Kebijakan yang ketat dan aturan yang keras kadang-kadang dapat membuat masalah bagi para pekerja dan mereka merasa sulit untuk tetap betah dalam organisasi dalam waktu yang relatif lama. Mempertahankan para pekerja menjadi mimpi buruk untuk kasus organisasi dengan budaya yang lemah. Dilain pihak, seorang individu yang bekerja pada budaya tertentu untuk beberapa waktu akan mengembangkan kebiasaan dan pola pikir tertentu.  Tentunya tidak mudah untuk menyingkirkan kebiasaan tertentu dengan cara yang tiba-tiba. Alternatif yang bisa ditempuh oleh para pekerja adalah pindah kerja untuk mencari peluang yang lebih cocok dan lebih baik. Meskipun organisasi baru yang dipilihnya mungkin tidak menjanjikan  fasilitas dan kenyamanan yang didapat selama ini pada organisasi sebelumnya. Begitu pula rencana insentif dalam organisasi yang dipilihnya juga tidak menguntungkan sebagaimana organisasi sebelumnya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close