People Innovation Excellence

Tren Kepemimpinan Sektor Publik [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Tulisan ini mencoba menyajikan  ide-ide baru atau tren  tentang   praktek  dan pengembangan kepemimpinan di sektor publik dan organisasi non-profit (nirlaba)lainnya. Para pemimpin  dan organisasi mereka akan menghadapi saat  yang paling menegangkan untuk mampu  bergulat dengan perubahan besar  dalam ekonomi, pemerintahan dan masyarakat. Dengan demikian dibutuhkan langkah  inovatif dan praktik-praktik yang baik dalam pengembangan kepemimpinan di sektor publik. Kepemimpinan dapat dianggap sebagai proses tindakan untuk mempengaruhi  kegiatan kelompok atau tim kerja dalam organisasi dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.  Konsep kepemimpinan di masa lalu, mungkin lebih menekankan pada aspek  pribadi  tentang sifat atau perilaku para pemimpin, ketimbang  mencari  kompetensi  yang paling jelas dan memiliki  hubungan dengan kepemimpinan yang efektif.  Dewasa ini telah  tumbuh kesadaran untuk mengungkap  sisi gelap kepemimpinan, dan bukan hanya sisi keterbatasan  tetapi juga bahaya dari sifat, gaya dan kegiatan kepemimpinan tertentu. Misalnya, beberapa penelitian telah mengungkap bagaimana para pemimpin karismatik dapat menciptakan ketergantungan yang berlebihan (overdependency) terhada  para pengikut (Burke 2006). Disamping itu para pemimpin karismatik juga dapat menghambat   proses partisipasi dalam pengambilan keputusan kelompok atau tim kerja pada masyarakat demokratis (Hartley dan Benington 2010).  Pakar lain berpendapat, bahwa para pemimpin perlu memiliki pengaruh melampaui kewenangan formalnya,  khususnya untuk “memobilisasi”, memotivasi, mengorganisir, dan mengarahkan tim kerja dalam suatu organisasi. Dalam hal ini proses kepemimpinan  melibatkan  hubungan  antara pemimpin dan  pengikut, dan bagaimana suatu pengaruh berlangsung diantara mereka. Terdapat desakan akan kebutuhan pemikiran tentang kepemimpinan yang tidak hanya dipandang sebagai kualitas pribadi dalam posisi individual formal semata, akan tetapi juga perlu dilihat dalam kerangka interaktif dinamik yang berlangsung diantara orang dan kelompok yang berbeda  dalam konteks situasi yang terus berubah.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close