People Innovation Excellence

Tren Kepemimpinan Sektor Publik [Bagian 11]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

“ Pembusukan seekor ikan akan dimulai dari kepalanya”. Pepatah tua ini mengandung makna  mengenai pengaruh pemimpin bagi sebuah kelompok atau tim kerja yang bisa saja menghancurkan suatu negara, masyarakat atau  organisasi, dimulai dari kualitas kepemimpinan yang ada padanya. Sejarah telah banyak memberikan  pelajaran berharga bagi kita tentang pemimpin dan kepemimpinan. Kualitas kepemimpinan dari seorang pemimpin ternyata mampu memancarkan pengaruh yang jauh melampaui sekat-sekat institusi atau lingkungan dimana sebenarnya dia berada. Bahkan dalam sebuah sistem yang dianggap bobrok sekalipun, pemimpin yang berkualitas kembali diperlukan untuk melalukan perubahan besar bagi lingkungan internal ataupun eksternal dari sistem tersebut. Seorang pemimpin publik dalam rangka mendukung suasana desentralisasi yang kondusif di era otonomi hendaknya memiliki obsesi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang selama ini menjadi keluhan dan keprihatinan masyarakat di daerah yang menjadi kewenangannya. Kualitas pelayanan publik hanya dapat ditingkatkan apabila diawali dari reformasi birokrasi. Paradigma lama yang menyebabkan jalur birokrasi berbelit – belit sebagaiman terjadi pada masa lalu, sekuat daya dan upaya harus diubah. Demikian pula dengan para birokrat dilingkungan pemerintah, yang pada masa lalu  lebih mencitrakan diri sebagai abdi pemerintah, secara perlahan perlu  diubah menjadi abdi negara dan abdi masyarakat dalam arti kata sebenarnya. Konsekuensi sebagai abdi masyarakat, mereka harus mengedepankan kualitas pelayanan publik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close