People Innovation Excellence

Tren Kepemimpinan Sektor Publik [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dewasa ini tengah terjadi perubahan struktural dan kultural yang  berdampak pada kehidupan sehari-hari warga negara dan masyarakat, seperti adanya kekhawatiran tentang hidup di masa tua,   tentang prospek pekerjaan  untuk diri sendiri dan anak-anak mereka, menghadapi bencana alam, seperti banjir tak terduga di  kota dan desa, meningkatnya ancaman keamanan, skeptisisme  tentang kejujuran dan keberanian para wakil rakyat dan kepala daerah; serta  tekanan yang ditimbulkan oleh kecepatan dan intensitas global  baik melalui  teknologi  informasi dan komunikasi maupun jejaring media sosial baru.  Perubahan struktural dan kultural yang drastis membutuhkan penyesuaian yang tidak mudah  dalam pemikiran dan perilaku, dibutuhkan pergeseran paradigma mendasar, bahkan semacam revolusi Copernican dalam pola pikir dan perilaku, yang mengubah cara pandang kita tentang, yakni:

 

  • hubungan warga dan negara;
  • hubungan negara, masyarakat sipil, dan  bisnis swasta;
  • hubungan publik, bisnis swasta dan sektor swadaya masyarakat ;
  • hubungan pusat dan daerah; dan
  • hubungan hirarki, pasar,  dan jaringan.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close