People Innovation Excellence

Tren Kepemimpinan Sektor Publik [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Tentu saja, struktur organisasi piramidal seperti birokrasi Weberian sering  dianggap terlalu kaku, tidak fleksibel  untuk  beradaptasi dengan  perubahan dalam konteks eksternal yang cepat , sejalan dengan  kecepatan  intensitas interaktif dari teknologi informasi dan  komunikasi baru.  Dengan demikian  semakin jelas bahwa organisasi publik,  bisnis swasta dan sektor swadaya masyarakat  perlu  beradaptasi saat mereka berinteraksi dengan lingkungan eksternal yang berubah cepat. Diperlukan paradigma baru tentang  pemerintahan dan kepemimpinan pelayanan publik sebagai  bagian dari sistem adaptif yang kompleks, di mana setiap bagian erat berinteraksi  dengan semua bagian lain, seperti pada ekosfer ( Marion 2007).  Paradigma baru tersebut cenderung  dipengaruhi oleh perspektif yang lebih segar yang terinspirasi oleh perkembangan di bidang  ilmu biologi, ekologi, fisika, dan ilmu saraf, dengan memahami sifat-sifat yang muncul dari  interaksi antar komponen dan menganalisisnya secara terpisah.  Warga negara dan masyarakat semakin dihadapkan pada rangkaian  masalah lintas sektoral yang kompleks, dan hal tersebut  harus dilihat sebagai bagian dari sistem adaptasi dan  interaktif yang  kompleks.  Seluruh sistem pelayanan publik  dan konstelasi kepemimpinan perlu  berpikir dan bekerja dengan cara yang lebih koheren dan terkoordinasi. Diperlukan banyak program kemitraan untuk menciptakan kader pemimpin publik dari pemerintah pusat, daerah, PNS, polisi, pemadam kebakaran dan layanan publik  lainnya, dan memberikan mereka kesempatan untuk  mengembangkan beberapa konsep bersama beserta alat pendukung keputusannya, misalnya, tatanan nilai publik, berfikir strategik,  daya analisis, dan kepemimpinan adaptif. Hal ini membantu untuk mendorong beberapa pemikiran inovatif, terutama dalam penanggulangan berbagai masalah penyakit sosial, seperti  penyalahgunaan narkoba dan miras. Perlu adanya kolaborasi dan konektivitas di seluruh sistem untuk mengidentifikasi kesenjangan dan tumpang tindih serta duplikasi antar pelayanan, dan menyebabkan lebih banyak perencanaan terkoordinasi sekaligus melakukan berbagai upaya  penghematan yang signifikan, termasuk uji coba bersama program pengembangan kepemimpinan antar semua badan publik di pusat dan di daerah. Sejalan dengan itu, perlu juga diredakan ketegangan antara pemikiran horisontal dalam melaksanakan kepemimpinan yang efektif, dengan garis pertanggung-jawaban vertikal  terhadap hirarki  pemerintah pusat di sisi yang lain.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close