People Innovation Excellence

Tren Kepemimpinan Sektor Publik [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Benington dan Moore (2011) membahas pentingnya pemimpin atau manajer publik lebih berfikir hati-hati tentang bagaimana menyelaraskan elemen-elemen yang dibutuhkan untuk menciptakan strategi yang berhasil dalam menghasilkan tatanan nilai publik, membingkai proposisi nilai publik, mendapatkan dukungan dan legitimasi yang cukup dalam mencapai masyarakat yang diinginkan. Dalam konteks kebutuhan ini beberapa langkah bisa dilakukan, yakni:

  • Mengidentifikasi tantangan adaptif: dalam hal ini para pemimpin perlu berpikir keras tentang apa tantangan nyata yang mendasari suatu masalah, dan apakah  masalah tersebut perlu ditangani dengan gaya kepemimpinan teknik atau adaptif. Kepemimpinan adaptif adalah kemampuan untuk mengubah pola pikir dan perilaku mereka dalam rangka bergulat dengan permasalahan yang sulit;
  • Tidak tergoda untuk memecahkan masalah masyarakat secara sendirian:  dalam arti perlu melibatkan masyarakat  untuk bersama-sama memikul tanggung jawab atas kontribusi mereka terhadap pemecahan masalah dan proses perubahan; dan
  • Mengatur dan meredam tingkat stres dalam melakukan pekerjaan yang adaptif. Terdapat tingkat stres pribadi dan sosial yang sangat tinggi, ketika masyarakat cenderung memilih tindakan ekstrim atau represif untuk mencoba mengembalikan rasa ketertiban dan kendali. Seorang pemimpin yang bijak akan menjaga tingkat kesulitan dalam kisaran di mana ia tetap dapat berfungsi secara efektif, masih mampu melihat  permasalahan secara obyektif tanpa merasa kewalahan. Mampu mengendalikan suhu masyarakat dengan baik sehingga tidak mencapai titik didih yang merusak, atau dalam rumusan singkat mampu “memasak konflik secara konstruktif”.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close