People Innovation Excellence

Tren Kepemimpinan Sektor Publik [Bagian 9]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Adanya penyerahan wewenang atau desentralisasi dimaksudkan agar masyarakat ikut serta dalam penyelenggaraan pemerintahan khususnya di daerah. Oleh karena itu kebijakan desentralisasi sering dihubungkan dengan keadaan masyarakat, terutama dengan kematangannya dalam politik sehingga kesadaran masyarakat untuk turut serta dalam pemerintahan akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan dinamika yang ada. Selain itu dengan adanya desentralisasi diharapkan dapat lebih menjamin prinsip-prinsip demokrasi, pemerataan dan keadilan serta memperhatikan potensi dan keaneka ragaman  daerah.

Pada dasarnya desentralisasi dikembangkan tidak hanya untuk menciptakan perbaikan kehidupan sosial-ekonomi dan politik semata, akan tetapi juga untuk semakin membumikan sistem demokrasi Pancasila yang kita anut bersama. Oleh karena prinsip-prinsip desentralisasi diselaraskan dengan prinsip-prinsip demokrasi, dalam konteks negara kita adalah demokrasi Pancasila. Adapun prinsip demokrasi Pancasila, tidak lain adalah :

  1. Persamaan bagi seluruh rakyat Indonesia;
  2. Keseimbangan antara hak dan kewajiban;
  3. Pelaksanaan kebebasan yang bertanggung jawab;
  4. Mewujudkan rasa keadilan;
  5. Pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat;
  6. Mengutamakan persatuan nasional dan kekeluargaan; dan
  7. Menjunjung cita-cita nasional.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close