People Innovation Excellence

Dilema Manajemen Strategik [Bagian 10]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam analogi biologi hibridisasi dari suatu sistem manajemen menyiratkan adanya persilangan antara elemen klasik dan elemen modern, antara satu dengan yang lainnya untuk menghasilkan pendekatan moderat yang terus menerus dari sebuah sistem. Sebuah contoh khas desain konseptual dari  manajemen dilema tentang bagaimana mengatasi tantangan keanekaragaman dan perubahan, adalah adaptasi dari strategi pemasaran untuk memenuhi kebutuhan pasar dan menjaga kesinambungan orientasi pasar, dengan menerapkan organisasi yang terdesentralisasi dan/ atau organisasi partisipatif yang lebih banyak memberikan kebebasan dan kemerdekaan kepada para pekerja. Sementara pendekatan manajemen situasional adalah upaya untuk menjaga agar sistem manajemen menjadi fleksibel, dan mampu beradaptasi dengan situasi yang berbeda-beda. Berbeda dengan sistem hibrida, maka sistem manajemen situasional atau kondisional menyediakan sejumlah alternatif konfigurasi manajemen untuk mengatasi tuntutan sistem yang berbeda dan berlawanan arah. Dalam karakteristik situasional yang ditandai oleh meningkatnya keragaman dan perubahan agaknya akan membutuhkan sistem manajemen yang tidak perlu terlalu konsisten, yang penting dapat melaju dalam situasi tekanan dan ketegangan.  Malah struktur sistem  itu sendiri harus adaptif terhadap masalah dan ketegangan, sehingga mereka dapat mengatasi lingkungan bermasalah dan mampu menghadapi situasi dilematik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close