People Innovation Excellence

Dilema Manajemen Strategik [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Globalisasi telah memicu ketatnya persaingan, diantaranya disebabkan oleh banyaknya para pemasar dari luar negeri yang memperluas jaringan distribusi mereka ke pasar global yang tidak lagi hanya terfokus pada pasar lokal mereka, sehingga para pelanggan dapat membeli produk dari seluruh penjuru dunia dan dihadapkan pada lebih banyak pilihan. Dengan meningkatnya saling ketergantungan dalam hal pengadaan, operasi, dan pemasaran antar pesaing telah memicu tingkat hiper-kompetisi pasar. Tajamnya persaingan tersebut sejalan dengan semakin berkurangnya biaya transportasi, perkembangan sistem komputer yang semakin cerdas, percepatan komunikasi melalui internet, yang kesemuanya didukung oleh biaya informasi dan biaya lainnya yang semakin efisien. Aksesibilitas ke seluruh penjuru dunia, ketersediaan informasi yang melimpah dan persaingan dalam tawaran jasa dan/ atau pelayanan telah mengintensifkan tingkat persaingan. Dalam  zaman dengan sistem nilai yang terus berubah, maka siklus hidup produk pun semakin lebih pendek. Sejalan dengan berlangsungnya tren reformasi di seluruh dunia, maka lembaga-lembaga publik pun telah mengurangi tawaran aturan dan/ atau peraturan hukum yang menghambat (deregulasi), sehingga organisasi bisnis akan terus dihadapkan pada tantangan baru. Mengelola sistem sosial saat ini akan banyak menghadapi situasi diskontinuitas pada dua sisi, yaitu sisi lingkungan eksternal maupun sisi sistem itu sendiri. Oleh karena itu, praktik manajemen perlu mengatasi tantangan hyper-linking, hiper-kompetisi, dan hiper-turbulensi yang muncul dari keanekaragaman dan perubahan global.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close