People Innovation Excellence

Dilema Manajemen Strategik [Bagian 9]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan kata lain, apa yang harus dilakukan oleh suatu sistem dalam rangka mengatasi keputusan yang dilematik. Kunci dari keberhasilan organisasi bisnis negara Jepang misalnya – yang berurat dan berakar pada budaya Jepang – dan  Asia pada umumnya adalah adanya  pemahaman mendalam tentang konsep “harmoni” yang didasarkan pada keyakinan adanya keseimbangan simultan dari sesuatu yang nampaknya kontradiktif. Bagaimanapun sistem harus dipandang sebagai entitas – baik sektor bisnis atau otoritas publik – yang mampu mengatur lingkungan mereka. Seluruh sistem, termasuk empat subsistem manajemen kebijakan, perencanaan, pengorganisasian  dan optimalisasi potensi – difokuskan pada pencapaian satu tujuan tertentu dari suatu sistem. Organisasi birokratik dari konsep Max Weber (1921), sebagai “sistem mekanik” dan “model mesin” adalah merupakan contoh khas dari suatu pendekatan sistem yang mencerminkan konsep interaktif sistem – lingkungan. Sebuah sistem manajemen tidak bisa lagi hanya berkonsentrasi pada Ide semata, akan tetapi juga harus memperhatikan aspek realitasnya. Dengan kata lain, suatu sistem harus menentukan batas dalam rangka membentuk dirinya sendiri, dan menangani kompleksitasnya sendiri, sekaligus harus membuka diri terhadap lingkungannya agar dapat bekerja sama dengan sistem lingkungan yang relevan atau dengan stakeholders-nya. Karenanya, teori manajemen harus berkonsentrasi pada pembentukan konfigurasi sistem manajemen,  yang pada gilirannya akan  berurusan dengan ide dan realitas sistem secara bersamaan. Sebagian besar pendekatan manajemen dilema harus berfokus pada pencapaian sistem manajemen yang konsisten dan mampu melampaui keterbatasan lingkungan mereka. Terdapat dua aliran pemikiran utama yang dapat diidentifikasi: yaitu aliran sistem manajemen hibrida dan sistem manajemen kondisional, yang juga dikenal dengan pendekatan manajemen situasional.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close