People Innovation Excellence

Dilema Manajemen Strategik [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam dunia yang penuh dengan perubahan dan keanekaragaman seperti saat ini, maka praktik manajemen tengah menghadapi sejumlah tantangan krusial dengan meningkatnya hyperlink, hiper-kompetisi, dan hiper-turbulensi global. Tantangan tersebut telah menimbulkan kompleksitas dan dinamika praktik manajemen pada tingkat yang tinggi. Manajemen yang sukses akan tergantung pada kemampuannya untuk berfungsi secara optimal pada satu sisi, dan pada sisi yang lain, mampu terus mengamankan keberadaan suatu sistem secara bersamaan. Dalam rangka menempuh pilihan rasional dan keberhasilan manajemen, maka penggunaan praktik manajemen yang dilematik diperlukan pada saat menghadapi perubahan dan keanekaragaman. Hyper-linking, hiper-kompetisi dan hiper-turbulensi – merupakan tiga fenomena khas situasi perekonomian dunia saat ini yang tengah dilanda keanekaragaman dan perubahan. Kondisi demikian merupakan perkembangan yang tengah populer sebagai akibat meningkatnya tantangan manajemen modern saat ini, suatu kondisi yang sarat dengan kompleksitas dan dinamika persaingan. Organisasi bisnis tidak  hanya harus berkonsentrasi pada pengelolaan rantai pasokan mereka semata, akan tetapi juga harus menghadapi  berbagai tuntutan dari para pemegang saham atau investor dan stakeholders. Terdapat fakta bahwa organisasi bisnis saat ini telah semakin dipengaruhi oleh dinamika internasional dan multinasional, baik dalam bidang manufaktur, perdagangan, pemasaran internasional dan global, maupun penempatan suatu dewan eksekutif berskala multinasional, bahkan sumber daya manusia multikultural. Dengan kata lain, sistem ekonomi saat ini sangat diwarnai oleh struktur hyper-linkings diantara hubungan semua aktor, baik secara perorangan maupun institusi. Interkoneksi ini menjadi sangat berkembang sejalan dengan pesatnya laju globalisasi, yang ditandai oleh adanya proses peningkatan integrasi di tingkat internasional dalam kegiatan ekonomi. Bagaimana dampak globalisasi terhadap tingkat persaingan telah digambarkan oleh Michael Porter dalam “Five Forces”.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close