People Innovation Excellence

Kilas Balik Perkembangan Teori Manajemen [Bagian 10]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Teori sistem memandang struktur organisasi sebagai  pola hubungan antara bagian-bagian dari organisasi  dan pentingnya hubungan antar tugas, sehingga muncul berbagai istilah sebagai berikut: 1) integrasi, yang berupa kegiatan mengkoordinasikan, 2) diferensiasi , yang menjelaskan bagaimana  cara tugas dibagi , 3) struktur hubungan hirarki,  yaitu berupa  pengaturan   otoritas sistem , dan 4) adalah sejumlah kebijakan formal, prosedural, dan kendali yang memandu organisasi, sehingga sering juga disebut sebagai  sistem administrasi. Hubungan antara lingkungan dan struktur organisasi adalah  sangat penting. Organisasi adalah sistem terbuka yang  bergantung pada dukungan dari lingkungannya. Umumnya   lingkungan yang lebih kompleks dapat menyebabkan  diferensiasi yang lebih luas. Pada kenyataannya  organisasi saat ini  cenderung kurang  stabil,  sehingga dibutuhkan struktur yang  lebih adaptif, atau mengubah pola pendekatan mekanistik menjadi organik. Keuntungannya bahwa organisasi akan lebih  dinamik dan fleksibel . Sebaliknya, kelemahannya adalah bahwa kegiatan  integrasi dan koordinasi  akan memerlukan lebih banyak waktu dan usaha. Demikian pula halnya, hubungan antara organisasi dan lingkungannya  ditandai oleh dua arah aliran, yakni  informasi dan energi. Kebanyakan organisasi berusaha untuk  mempengaruhi  lingkungan mereka. Contohnya adalah kampanye periklanan dan berbagai upaya lobi. Keputusan strategik mengenai lini produk dan saluran distribusi dapat berkontribusi  pada pemilihan struktur organisasi dan lingkungan. Kelemahan dari organisasi yang sangat  terstruktur dapat mengakibatkan rendahnya motivasi dan semangat kerja, kurangnya kualitas keputusan, adanya potensi konflik dan  kurangnya koordinasi, adanya ketidak-efisienan dalam  penggunaan sumber daya, dan ketidakmampuan dalam menanggapi  perubahan dan dinamika lingkungan secara efektif.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close