People Innovation Excellence
 

Kilas Balik Perkembangan Teori Manajemen [Bagian 11]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Salah satu tema dominan lain dari berbagai pendekatan  telah mendefinisikan organisasi dari perspektif posisi mereka pada kurva pertumbuhan . Cameron dan Whetten telah menyusun model siklus atau daur empat tahap, tahap pertama adalah   “kewirausahaan” yang ditandai oleh adanya  inovasi awal, yaitu  pembentukan  relung pasar dan kreativitas yang tinggi. Tahap  kedua adalah  “kolektivitas ” ,  yang ditandai oleh adanya kohesi dan Komitmen tinggi diantara para pekerja. Tahap ketiga adalah  “formalisasi dan kendali”, dengan  tujuan terselenggaranya  suatu stabilitas dan pelembagaan. Tahap keempat adalah “elaborasi” yang ditandai oleh adanya   domain ekspansi  dan desentralisasi. Yang mencolok dari fitur  empat tahap tentang  model daur hidup ini adalah  tidak dimasukkannya unsur  penurunan atau kematian dari daur hidup organisasi. Mereka memperhatikan  adanya tahapan daur hidup  kelahiran, pertumbuhan, dan kedewasaan, akan  tetapi tidak memasukkan adanya tahap penurunan atau kematian. Fase pertama  dari daur hidup  pertumbuhan organisasi adalah tahap kewirausahaan.  Pada awalnya para wirausahawan  meyakini bahwa  konsep mereka tentang  produk atau jasa  akan  dibutuhkan dan diinginkan di pasar. Karakteristik umum dari semua pengusaha dan para pelaku  bisnis baru adalah adanya keinginan untuk menemukan pola operasional  yang  akan bertahan di pasar. Karena hampir semua bisnis baru  mengalami kegagalan  dalam lima tahun pertama, dan hal ini sering dianggap sebagai suatu yang alami  sebagaimana  mutasi sel  yang rentan untuk  bertahan hidup.  Tahap berikutnya adalah standarisasi aturan (formalisasi dan kendali), dengan  mendefinisikan bagaimana sistem organisasi  berinteraksi dan  beroperasi dengan lingkungan. Metode yang tadinya bersifat trial and error diganti oleh pola operasional yang  terstruktur,  dengan melakukan penyeragaman dan pengaturan dalam proses internal. Selama fase ini, pertumbuhan berlangsung dengan membatasi keragaman, yaitu dengan menerapkan prosedur manajemen, proses, dan kendali  yang diarahkan untuk menjaga ketertiban dan prediktabilitas. Tentu saja pertumbuhan organisasi tidak berlangsung  tanpa batas, baik batas atas maupun bawah. Adanya pertumbuhan batas atas tersebut disebabkan oleh beberapa hal, antara lain yakni:

  • Meningkatnya kompleksitas internal dan pasar (eksternal) di wilayah proliferasi produk dan pasar di tempat divisi beroperasi;
  • Adanya kompetisi internal  karenan adanya kelangkaan  sumber daya;
  • Meningkatnya biaya operasi dan pemasaran;
  • Kinerja  yang menurun;
  • Penurunan pangsa pasar;
  • Penurunan keuntungan dan produktivitas;
  • Pengaruh tekanan dari pihak regulator dan kelompok eksternal lainnya;
  • Meningkatnya tuntutan dari  dampak teknologi baru; dan
  • Hadirnya para pesaing baru yang muncul  diluar dugaan para pelaku bisnis.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close