People Innovation Excellence
 

Kilas Balik Perkembangan Teori Manajemen [Bagian 12]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Transisi ke fase berikutnya akan melibatkan perubahan radikal dalam suatu organisasi. Kebanyakan organisasi tidak mampu dalam membuat suatu perubahan ini, sehingga mereka tidak mampu bertahan hidup. Tiba-tiba organisasi harus membuka diri dan mengijinkan sesuatu yang sebelumnya tidak pernah diijinkan untuk menjadi bagian dari sistem untuk melakukan sesuatu hal yang berbeda. Pada satu sisi organisasi perlu untuk melanjutkan bisnis intinya,  namun pada sisi yang lain harus  menciptakan dan terlibat  dalam suatu bisnis baru. Bifurkasi ini diiperlukan karena lingkungan kewirausahaan (tempat menciptakan bisnis) tidak cocok lagi dengan lingkungan pengendalian bisnis inti. Tantangannya adalah bagaimana mengasimilasikan temuan baru kedalam bisnis inti yang akan membawa pada pengorganisasian bentuk baru. Banyak para pakar yang berpendapat bahwa   tantangan terbesar yang dihadapi organisasi saat ini adalah transisi dari tahap dua ke tahap ke tiga tersebut.  Pada sisi yang lain, Kenneth Boulding  telah mengusulkan  model biologik ekonomi, yang ditandai oleh adanya kelahiran, kematangan, penurunan, dan kematian . Menurut  Boulding hal ini berlaku bagi semua organisme , berupa adanya  gerakan alami tak terhindarkan sebagai daur keseimbangan. Sehingga  tidak sedikit teori organisasi yang mengadopsi  teori determinisme biologik Boulding ini. Memang, setidaknya di tahun 1980-an terdapat  era baru di mana penurunan organisasi terjadi  jelas di mana-mana. Berbagai upaya strategik  telah dilakukan, diantaranya dengan melakukan PHK atau perampingan tenaga kerja, memotong dan tidak menaikkan  gaji, pemotongan biaya overhead, serta berbagai konsolidasi operasional manajemen yang banyak dilakukan agar tidak berdampak pada penurunan laba serta anggaran pendapatan dan biaya. Hal tersebut menjelaskan bahwa  kurva tradisional  masih belum lengkap dan belum menjelaskan masalah penurunan aktivitas organisasi. Dari sudut kacamata yang lain, Nystrom dan Starbuck berpendapat, bahwa  masa lalu yang sukses dapat menjadikan organisasi menjadi terlalu percaya diri untuk menciptakan suatu kemakmuran. Hal tersebut telah menyebabkan mereka kurang berantusias untuk menciptakan inovasi baru, kualitas, dan kepuasan pelanggan, sehingga pada gilirannya menghadapi ancaman penurunan (decline).


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close