People Innovation Excellence

Kilas Balik Perkembangan Teori Manajemen [Bagian 14/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Perkembangan teori manajemen perilaku telah memiliki sejumlah efek yang berlangsung pada operasional bisnis sehari-hari. Salah satu manfaat utama dari teori manajemen perilaku adalah munculnya gerakan ke arah pengakuan akan faktor “hubungan manusia”, yang telah merangsang untuk lebih mempelajari dan melakukan penelitian perilaku kelompok atau tim kerja dan pengaturan di tempat kerja. Para peneliti ini bertekad untuk membangun dan memelihara komunikasi dan hubungan interpersonal dalam tempat kerja mereka. Dewasa ini, hampir di setiap organisasi bisnis terdapat divisi atau departemen pengembangan sumber daya manusia (HRD), yang dirancang untuk melayani dan mengatasi kebutuhan para pekerja. Salah satu tujuan utama dari gerakan hubungan manusia adalah untuk menciptakan tempat kerja yang efisien tanpa harus mengorbankan motivasi para pekerjanya. Kepuasan kerja, ternyata memainkan peran penting dalam produktivitas kerja, sehingga Malthus telah membahas faktor motivasional tersebut kedalam program insentif dan tunjangan lainnya. Namun beberapa kalangan juga menuding, bahwa pendekatan manajemen perilaku telah mengabaikan unsur-unsur eksternal dengan menganggap seolah lingkungan eksternal itu bersifat statik serta tidak dinamik. Terdapat juga asumsi, bahwa  faktor  kepuasan kerja hanya akan berperan dalam  situasi tertentu saja. Meskipun demikian tak dapat dipungkiri,  bahwa pendekatan manajemen perilaku telah semakin banyak dipraktekkan dan melembaga  pada  banyak praktek bisnis saat ini.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close