People Innovation Excellence

Kilas Balik Perkembangan Teori Manajemen [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Melalui teorinya Taylor dianggap sangat sukses  dalam meningkatkan faktor  produksi, dimana dalam setiap tingkatan dan tahapan proses produksi  para pekerja dituntut untuk melakukan tugas-tugas mereka sesuai dengan prosedur yang dirancang untuk memaksimalkan produktivitas. Dengan menganalisis setiap tugas individual, Taylor mampu menemukan kombinasi antara peralatan dan tenaga kerja yang berkontribusi  dalam peningkatan output produksi. Dalam pandangan Taylor, tugas manajemen adalah menentukan cara terbaik bagi para pekerja untuk melakukan pekerjaan, menyediakan peralatan dan pelatihan yang tepat, dan memberikan insentif untuk kinerja yang baik. Tindakan Taylor disebut sebagai gerakan “ilmiah” , karena ia berusaha untuk menerapkan prinsip-prinsip ilmiah dan pengukuran dalam proses kerja. Banyak kemajuan yang telah dicapai dibidang manufaktur dengan menerapkan prinsip-prinsip ilmiah  tentang kerja  mesin  – sampai ke tingkat pengukuran menit – dalam rangka menciptakan efisiensi. Namun pendekatan ilmiah ini dianggap mengabaikan unsur manusia, Taylor seolah mengkonversi  proses  hubungan kerja antara pekerja dan mesin menjadi  hubungan produksi antara dua mesin. Disamping Taylor, Simon juga telah membuat kontribusi penting dalam mempelajari teori organisasi, dengan menerapkan  metode ilmiah secara ketat, melalui reduksionisme, kuantifikasi, dan logika deduktif  sebagai metode belajar organisasi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close