People Innovation Excellence
 

Kilas Balik Perkembangan Teori Manajemen [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Selanjutnya  Mooney dan Reiley  mengembangkan  teori administrasi, yakni berupa prinsip-prinsip manajemen  formal  yang menekankan pada  serangkaian prinsip-prinsip universal manajemen yang bisa diterapkan pada semua organisasi. Belakangan disadari bahwa  teori manajemen klasik bersifat kaku dan mekanistik, sehingga secara evolusi muncul gerakan teori “hubungan manusia” sebagai reaksi terhadap struktur otoriter dari teori klasik dan banyaknya masalah yang melekat pada teori klasik tersebut. Elton Mayo dan Roethlisberger  adalah diantara mereka yang menentang teori klasik, dan mereka menemukan bahwa perubahan memiliki dampak positif pada produktivitas, misalnya dengan memanipulasi kondisi lingkungan kerja. Tindakan memperhatikan para pekerja dengan cara yang ramah dan tidak mengancam, dengan sendirinya dapat  meningkatkan output produksi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close