People Innovation Excellence
 

PEMIKIRAN FILOSOFI BAGI KEPEMIMPINAN BISNIS MASA DEPAN [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Salah satu bagian terpenting dari filsafat adalah berpikir kritis, yaitu kemampuan untuk mempertanyakan asumsi atau argumen tentang pendapat diri sendiri dan orang lain, sehingga seseorang dapat mengartikulasikan alasan yang baik dan logik dibalik suatu problematik yang pelik. Dengan kata lain, membela pandangan sendiri membutuhkan kemampuan untuk menemukan alasan apa yang baik atau apa yang buruk dan sejauh mana dukungan terhadap pandangan tersebut. Dalam konteks ini, filsafat dapat digunakan untuk membantu meyakinkan orang lain bahwa pendapat kita benar, dan bahwa pandangan lawan bicara kita adalah salah . Dalam kasus bisnis, jika kita ingin gaji kita dinaikan oleh atasan misalnya, maka kita harus pandai mengemukakan alasan yang baik , apakah dengan argumen adanya peningkatan nilai penjualan, peningkatan kualitas produk, peningkatan efisiensi, atau peningkatan produktivitas dan profit. Seorang pekerja akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan kenaikan gaji dengan mengemukakan alasan yang baik, ketimbang berdebat atau mengancam dengan menggunakan alasan yang buruk. Kebanyakan organisasi bisnis tidak akan memberikan kenaikan gaji dengan alasan “takut” oleh ancaman para pekerja, sebaliknya mereka akan memberikan kenaikan gaji dengan alasan adanya manfaat dari pekerjaan tersebut. Singkatnya, jika seorang pekerja ingin meningkatkan karirnya dalam organisasi , maka filsafat dapat membantu agar ia dapat berdebat dengan baik bagi peningkatan karirnya. Artinya, agar para pekerja dapat berdebat dengan atasannya dengan baik, sehingga ia harus pandai berpikir.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close