People Innovation Excellence

PEMIKIRAN FILOSOFI BAGI KEPEMIMPINAN BISNIS MASA DEPAN [Bagian 10]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Benarkah filsafat berguna?
Disiplin filsafat sudah terlalu lama telah menerima stigma yang ditudingkan, yakni: “terlalu banyak bicara, dan kurang dalam bertindak” dalam khasanah bisnis. Tentu saja, bagaimanapun, kita tidak bisa mendekati filsafat dengan perantaraan logika yang sama dengan cara berpikir yang mendominasi dunia bisnis. Dengan filsafat kita akan mengejar pertanyaan dan bukan jawaban semata. Dengan kata lain, tanggung jawab filsafat bukan untuk menjawab pertanyaan semata, akan tetapi untuk menggugat pertanyaan yang diajukan. Pada akhirnya akan muncul pertanyaan lanjutan: Apakah filsafat itu? Yang terpenting adalah, filsafat bukanlah semacam resep atau ajaran. Seseorang tidak akan menjadi penganjur moral setelah mempelajari Immanuel Kant atau akan menjadi warga negara yang baik setelah membaca “republik”nya Plato. Akan tetapi, penempatan konsep moralitas atau keadilan di bawah lensa filosofi dapat membantu kita untuk bergerak melampaui persilangan pengetahuan yang berlangsung. Inti dari disiplin filsafat – adalah tidak mengajarkan apa yang harus dipikirkan – akan tetapi tentang bagaimana kita berpikir. Dengan kata lain, filsafat adalah menguji pertanyaan mendasar dan abadi tentang kehidupan manusia, masyarakat, bangsa dan
negara, disamping etika dan pengetahuan lainnya. Sedangkan disiplin bisnis merupakan pembuatan konsep, model dan metode sebagai cara untuk mensimplifikasi kompleksitas, adapun filsafat mengeksplorasi kerangka kerja dan perkembangan konsep, model dan metode tersebut. Filsafat dapat membantu mengartikulasikan “blind-spot” bisnis dengan menilai ulang kepastian yang diasumsikan sebagai prasyarat teoritik. Dengan merenungkan pertanyaan-pertanyaan yang berada di luar ruang lingkup bisnis, filsafat dapat memperluas cakrawala reflektifitas – yang akan membantu para pemimpin bisnis masa depan mampu mengelola kompleksitas dan membuat keputusan yang tepat, tidak terbatas hanya dalam lingkup bisnis semata , akan tetapi juga yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close