People Innovation Excellence

PEMIKIRAN FILOSOFI BAGI KEPEMIMPINAN BISNIS MASA DEPAN [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Menurut filsuf Bertrand Russell dalam ” The Value of Philosophy” , penjelajahan filsafat telah masuk ke berbagai bidang keilmuan, termasuk antara lain studi matematika, geometri, fisika, biologi, kosmologi, astronomi, ekonomi, politik, sosiologi, dan psikologi, disamping disiplin tradisional sub – filosofi , seperti logika , aksiologi atau etika, estetika, filsafat bahasa, metafisika dan epistemologi . Bertrand Russell mengakui bahwa sebagai disiplin ilmu, matematika dan biologi telah menemukan fakta-fakta yang dapat dibuktikan, dan telah berdiri sendiri sebagai disiplin ilmu yang terpisah , sementara filsafat telah meninggalkan pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab. Namun apakah setiap disiplin ilmu dapat memecahkan semua pertanyaan dan masalah di wilayah masing-masing keahliannya? Jika setiap jawaban sudah tersedia di setiap disiplin ilmu tersebut, maka kita perlu mempertanyakan tentang penelitian yang telah dilakukan di setiap universitas, yaitu proyek-proyek berbagai penelitian yang terjadi dalam disiplin kedokteran, fisika , psikologi , astronomi , yang masih menyisakan pertanyaan yang belum terjawab atau masih perlu diperdebatkan sampai hari ini, yaitu : ( 1 ) Kedokteran : pertanyaan tentang obat untuk influenza, kanker, alzheimer, penyakit parkinson, AIDS, dan ribuan penyakit lainnya , (2 ) Fisika : pertanyaan tentang esensi gravitasi , (3 ) Biologi : pertanyaan tentang bagaimana otak bekerja, dan bagaimana kucing mendengkur, (4 ) Psikologi : tentang bagaimana pengalaman kesadaran timbul dari reaksi biokimia, ( 5 ) Sosiologi : tentang apa yang membuat sekelompok orang ingin mengikuti seseorang seperti Osama bin Laden atau Hitler. Artinya, semua disiplin ilmu mungkin memiliki sejumlah jawaban terhadap suatu fenomena, akan tetapi belum tentu memiliki jawaban yang relevan atau subtansial. Pada sisi yang lain, filsafat mungkin memiliki jawaban yang lebih sedikit , namun telah mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang lebih radikal, dibanding pertanyaan umum. Dengan demikian, filsafat dapat membantu kita menghilangkan beberapa penjelasan yang buruk , dengan memeriksa nalar dibalik suatu penjelasan , sehingga filsafat dapat menolak nalar dan asumsi yang buruk. Para praktisi dalam disiplin ilmu telah memiliki kenyamanan dalam melaksanakan pekerjaan mereka dan telah membuat banyak asumsi tanpa harus dipertanyakan lagi bagaimana asumsi itu ada atau dapat diwujudkan, sehingga pertanyaan filosofi dibutuhkan untuk membenarkan asumsi tersebut. Itulah sebabnya, mengapa filsafat lebih menantang daripada disiplin ilmu lainnya. Semakin banyak kita bertanya tentang “mengapa”?, maka kita semakin akan mengajukan pertanyaan filosofi dan semakin diarahkan untuk mempelajari filsafat . Dr Barry Vaughan dari Mesa Community College mengklaim bahwa secara tradisional hanya ada tiga gelar prestisius yang dianugerahkan kepada seseorang,
yakni : Doctor of Medicine, Doktor Ilmu Hukum, dan Doctor of Philosophy. Bahkan seorang fisikawan pun diberi gelar Doctor of Philosophy. Dengan demikian filsafat telah menjadi dasar dari semua kegiatan akademik, sementara kedokteran dan hukum adalah praktik non-akademik, yang ditujukan untuk tujuan praktik tertentu, misalnya mempertahankan atau menjaga kesehatan, dan/atau menegakkan keadilan sesuai tugas masing-masing.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close