People Innovation Excellence
 

PEMIKIRAN FILOSOFI BAGI KEPEMIMPINAN BISNIS MASA DEPAN [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan demikian jurusan filsafat dapat mempersiapkan dan menunjang kemampuan seseorang dalam menempuh sekolah hukum , sekolah bisnis , atau sekolah lain pada umumnya. Disamping menyediakan persiapan yang baik untuk karir di bidang hukum dan bisnis , filsafat juga berguna untuk karir di bidang jurnalistik, penerbitan, pemerintahan, etika profesi untuk klinik konsultasi di rumah sakit , serta konsultasi sehubungan dengan masalah etika dan politik dalam pengembangan kebijakan publik. Seseorang dapat menemukan keterampilan filosofi yang berharga dalam memecahkan masalah kualitas saat ia bekerja sebagai manajer total quality control (TQC) misalnya. Oleh karena itu, studi filsafat berfungsi untuk mengembangkan kemampuan intelektual yang penting bagi kehidupan secara keseluruhan, di luar pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk setiap profesi tertentu. Kemampuan berfikir filosofi dapat meningkatkan kapasitas daya analitik, kritis, dan daya penafsiran yang berlaku bagi setiap fenomena dan subyek dalam konteks manusia. Hal ini akan memupuk kapasitas dan semangat untuk melakukan refleksi dan mengekspresikan diri, pertukaran dan perdebatan tentang ide, dan terutama adalah untuk menangani suatu masalah yang tidak dapat dijawab dengan mudah, serta perlunya dukungan proses belajar seumur hidup. Selain itu juga untuk membantu seseorang dalam mempersiapkan tugasnya sebagai warga negara, dimana masih kurangnya informasi bagi masyarakat untuk melakukan partisipasi politik, sehingga ia bukan menjadi korban manipulasi dan rentan terhadap hasutan. Sebuah pendidikan tinggi filosofi yang baik harus mampu meningkatkan kapasitas tingkat partisipasi, tanggung jawab, dan cerdas dalam kehidupan publik. Menurut Socrates, bahwa kehidupan yang tidak pernah dipertanyakan, bukanlah kehidupan yang berharga. Namun dalam praktek kesibukan sehari-hari, banyak orang yang tidak peduli lagi untuk mengajukan pertanyaan, selain menjalani kehidupan rutin dan padat. Kesemuanya hanyalah untuk mendapatkan pekerjaan dan gaji, dimana semua waktu dan usaha hanya dihabiskan untuk mendapatkan imbalan yang lebih dan lebih tinggi lagi, maka filsafat tentunya bukan untuk tipe orang demikian. Filsafat bukanlah hanya sekedar kegiatan pelatihan, namun ia adalah kegiatan pendidikan bagi orang yang ingin memahami sesuatu dengan lebih dalam, yang tidak sekedar menjalani hidup, akan tetapi bagaimana dapat hidup dengan lebih baik lagi [ Socrates ].


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close