People Innovation Excellence
 

PEMIKIRAN FILOSOFI BAGI KEPEMIMPINAN BISNIS MASA DEPAN [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Thomas Hurka, Profesor Filsafat di University of Calgary, jauh hari telah menyarankan bagi generasi muda untuk mempertimbangkan jurusan filsafat, jika mereka ingin sukses dalam berbisnis. Anjuran tersebut didukung oleh sebuah studi terbaru oleh PayScale, dimana gaji awal sementara lulusan filsafat mungkin lebih kecil ketimbang dengan mereka yang memiliki gelar di bidang bisnis. Akan tetapi, pada pertengahan karirnya, gaji para lulusan jurusan filsafat dapat melampaui orang-orang yang berlatar-belakang bidang pemasaran, operasi, keuangan, komunikasi, akuntansi dan manajemen bisnis. Hasil penelitian ini perlu dipertimbangan dengan lebih serius, bahwa memiliki gelar bisnis yang ternama dari sebuah sekolah bisnis bergengsi, tidak otomatis akan menjamin karir yang sukses dalam bisnis. Mengikuti alur pemikiran ini, Matthew Stewart, mantan konsultan manajemen Mitchell Madison Grup mengatakan, “Jika anda ingin sukses dalam bisnis saat ini, dan belum mendapatkan gelar MBA, maka studi filsafatlah adalah sebagai gantinya.” Dunia kerja saat ini sudah tidak sinkron lagi dengan dunia pendidikan, yang berarti anak muda saat ini tidak memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan. Kebutuhan akan kapasitas operasional pemimpin bisnis saat ini secara mendasar telah berubah. Agar pemimpin berhasil menavigasi dan mengambil keputusan dalam lingkungan bisnis yang semakin tidak stabil dan kompleks, diperlukan pendekatan tambahan nalar-rasional bagi pemecahan masalah dan pengambilan keputusan yang optimal.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close