People Innovation Excellence

REFLEKSI PARADIGMA MANAJEMEN BISNIS 2014 ABAD 21 [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

1.     Rethinking landasan filosofi  manajemen bisnis menuju tujuan yang lebih tinggi dan lebih mulia

Menurut Gary Hamel bahwa tujuan tradisional manajemen bisnis yang berupaya memaksimalkan kekayaan para pemegang sahamnya sudah tidak memadai lagi dalam banyak hal, dan tidak memiliki kekuatan lagi untuk  memobilisasi energi manusia sepenuhnya. Oleh karena itu, praktek manajemen bisnis masa depan  harus fokus pada pencapaian tujuan sosial yang mulia  dan signifikan. Bukan hanya itu, organisasi bisnis juga harus memiliki kemampaun inovasi dan beradaptasi, dengan memperluas wawasan yang menyentuh bidang disiplin ilmu lainnya, seperti antropologi, teologi, filsafat, politik, dan perencanaan kota. Disamping itu, harus ada perubahan radikal tentang terminologi  bahasa dan praktek manajemen bisnis yang selama ini terkesan materialistik (duniawi) dan membosankan, dan lebih berorientasi pada “efisiensi” dan “profit”, menuju kearah cita-cita yang lebih maknawiyah, seperti kehormatan, kebenaran, cinta, keadilan dan keindahan yang sebetulnya telah  lama menginspirasi manusia dan menghasilkan prestasi yang luar biasa, namun telah terpinggirkan  oleh kejumudan  ilmu manajemen.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close