People Innovation Excellence
 

REFLEKSI PARADIGMA MANAJEMEN BISNIS 2014 ABAD 21 [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

2.     Mendesain ulang organisasi bisnis menjadi sebuah komunitas yang lebih terbuka, demokratis dan inklusif

Yang dimaksud dalam konteks ini adalah, harus ada difusi kekuasaan dan pembagian yang lebih adil berkenaan  dengan pengetahuan  dan informasi ke semua anggota organisasi pada setiap jenjang  organisasi, yang  artinya melakukan  pemberdayaan yang lebih besar pada  para pekerja yang berada  pada  hirarki yang lebih rendah. Terlebih lagi adalah pada  para pekerja garis depan yang berada pada posisi kontak langsung dengan para pelanggan.  Strategi  dan  keputusan  yang tadinya dilakukan secara  “ top-down”  oleh sekelompok  elit organisasi  perlu diubah  menuju proses “bottom-up”  yang memungkinkan pemberian kesempatan pada setiap  anggota organisasi  untuk berpartisipasi dalam mengembangkan strategi. Demikian pula pengambilan keputusan, pemecahan masalah dan inovasi sistem organisasi harus mampu memanfaatkan “kebijakan  kolektif  organisasi”.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close