People Innovation Excellence

REFLEKSI PARADIGMA MANAJEMEN BISNIS 2014 ABAD 21 [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

3.     Rethinking kepemimpinan  dari “power structure”  menuju   pengendalian dan disiplin diri

Pemimpin masa depan harus mampu menciptakan lingkungan yang menumbuhkan iklim manajemen dan disiplin diri dikalangan para pekerja, ketimbang melakukan kendali yang dipaksakan untuk patuh terhadap peraturan atau takut akan hukuman. Pemimpin harus mampu menciptakan budaya dengan tingkat kepercayaan yang tinggi bagi tumbuhnya suatu kreativitas dari setiap pekerja. Dengan kata lain, para pemimpin perlu mengurangi ketergantungannya pada praktik kekuasaan dan otoritas formal ke arah pengembangan visi, misi, nilai-nilai dan tujuan bersama. Meminjam kosakata dari Gary Hamel bahwa,   organisasi piramidal tradisional seyogyanya digantikan oleh hirarki alami, dimana status dan pengaruh sepadan dengan kontribusi daripada posisi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close