People Innovation Excellence

REFLEKSI PARADIGMA MANAJEMEN BISNIS 2014 ABAD 21 [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Konteks Perubahan Evolusioner

Dengan demikian, diskusi mendalam yang segera perlu dilakukan adalah  pemahaman yang jelas dan tepat berkenaan dengan perubahan atau transisi evolusioner tentang kemanusiaan secara keseluruhan. Dengan kata lain, kita perlu  memahami dan mengidentifikasi secara jelas tantangan evolusi yang dihadapi umat manusia di masa depan secara keseluruhan, dan dengan bekal pemahaman ini, kita perlu mencari tahu bagaimana implikasi perubahan evolutif tersebut terhadap    manajemen bisnis. Tantangan utama yang dihadapi evolusi manusia adalah  tumbuhnya pergeseran kesadaran dari berpikir analitik-rasional, menuju kepada berpikir holistik-intuitif yang dibarengi oleh kesadaran spiritual. Tujuan akhir dari evolusi ini adalah terciptanya suatu kesadaran global, dimana manusia menemukan kesatuan spiritual di dalam diri mereka. Suatu kesadaran lebih tinggi yang disebut sebagai kesadaran “genostik” atau “supramental” yang oleh Teilhard -de- Chardin dinamakan sebagai  “omega titik”, yaitu suatu kesadaran di luar pikiran rasional. Inilah  makna  penting yang lebih dalam tentang tren globalisasi saat ini yang menumbuhkan kesadaran global. Jalan menuju kesadaran global ini terbentuk melalui suatu sistem nilai, pendidikan dan kebudayaan yang mengarah ke perkembangan moral, psikologik dan spiritual, baik secara individual maupun kolektif. Manakala kesadaran global ini mengekspresikan diri dalam kehidupan eksternal,  maka kesadaran tersebut akan menyebabkan peradaban global, yang diatur dan dipersatukan oleh prinsip kebebasan, harmoni, dan kekayaan yang saling melengkapi pada kebinekaan. Esensi kesadaran  ini  penting dalam evolusi masa depan umat manusia. Sementara pada sisi yang lain kekuatan utama dari evolusi alam tengah didorong menuju pada distribusi keadilan yang lebih besar yang sekaligus tercermin pada  difusi pengetahuan, kekuasaan, kekayaan dan budaya masyarakat, yang  dieksploitasi oleh siklus evolusi sebelumnya. Ungkapan dari evolusi tersebut telah mendorong munculnya gerakan evolusi sebagai berikut, yakni:

  1. Meningkatnya pemberdayaan dan partisipasi perempuan, yang ditandai oleh semakin banyak wanita yang memasuki dunia bisnis profesional dan menduduki  posisi kepemimpinan ;
  2. Pemberdayaan dan partisipasi para pekerja dari jenjang terendah pada hierarki  organisasi; dan
  3. Terjadi indikasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan meningkat pada kelompok masyarakat miskin, serta adanya partisipasi masyarakat yang lebih meningkat pada pembangunan, dan fokus perhatian yang lebih besar terhadap kaum minoritas.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close