People Innovation Excellence
 

Pola Pikir Stratejik Dalam Pengembangan Aktualisasi Berprestasi [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pola pikir stratejik perlu dimiliki oleh setiap indvidu dalam suatu masyarakat, bangsa, dan negara, baik dalam konteks organisasional maupun non-organisasional. Pada hakikatnya, upaya stratejik tiada lain adalah suatu cara bagaimana menempatkan posisi individu kepada situasi lingkungan yang dianggap paling menguntungkan, menentukan waktu yang paling tepat untuk bertindak ataupun menarik diri dan selalu mengkaji batas-batas toleransi yang proporsional. Jadi dengan kata lain, upaya stratejik dirancang untuk menjamin agar tujuan atau sasaran prestatif dapat tercapai melalui berbagai langkah yang efisien dan efektif.

Situasi lingkungan individu, pada hakikatnya terdiri dari:

  • Lingkungan internal individu, dimana faktor-faktor yang berpengaruh antara lain adalah: jenis kelamin atau gender, struktur fisik, usia dan tahapan dalam siklus hidupnya, profesi, kemampuan ekonomi, gaya hidup, pribadi, dan konsep jati diri, serta faktor-faktor psikologis, seperti motivasi, persepsi, proses belajar, kepercayaan, dan sikap; dan
  • Lingkungan eksternal individu, yang meliputi lingkungan fisik, sosial, ekonomi dan budaya, antara lain, tempat bermukim, etnik, agama, adat istiadat, keluarga, kelompok referensi, peranan dalam kelompok, dan kelas sosial.

Pada hakikatnya, proses pola pikir stratejik meliputi:

  • Mengenali dan memahami situasi lingkungan yang dihadapi melalui penggalian data atau informasi yang komprehensif;
  • Analisis kekhasan dari unsur-unsur yang terdapat dalam situasi lingkungan yang dihadapi tersebut; dan
  • Melalui human brain power, unsur-unsur kekhasan dari situasi lingkungan yang dihadapi tersebut direkonstruksi kembali ke dalam pola baru yang sangat menguntungkan.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close