People Innovation Excellence
 

Pola Pikir Stratejik Dalam Pengembangan Aktualisasi Berprestasi [Bagian 4/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Proses atau tahapan-tahapan di atas, pada dasarnya merupakan suatu cara yang paling tepat untuk menyelesaikan suatu permasalahan (problem solving). Karenanya, setelah individu menentukan pendekatan apa yang akan digunakan, maka langkah selanjutnya adalah merencanakan tahapan langkah-langkah pelaksanaan pemecahan masalahnya, yang meliputi:

  • Merumuskan berbagai alternatif pemecahan sementara;
  • Menguji dan menyeleksi alternatif yang ada tersebut, memilahkan pilihan alternatif mana yang diterima dan mana yang ditolak;
  • Tarik suatu kesimpulan terhadap suatu alternatif yang diterima;
  • Menentukan langkah-langkah mana yang akan dipilih; dan
  • Siapkan rencana pelaksanaannya.

Dari uraian singkat di atas, dapat disimpulkan disini bahwa banyak kalangan individu, baik dalam konteks organisasional maupun non organisasional mengambil jalan pintas di dalam memecahkan permasalahan yang tengah dihadapinya. Setelah mengidentifikasikan fenomena dan/ atau isu-isu yang muncul, maka secara langsung ia merencanakan dan mengorganisasikan langkah-langkah pemecahan masalahnya. Last but not least, tindakan ini lebih bersifat remedial yang tidak mengarah kepada pemecahan masalah yang sesungguhnya. Jadi hal ini, lebih bersifat simptomatik ketimbang problem solving.

Capture

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close