People Innovation Excellence

Manajemen Inovatif Untuk Masa Depan [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Ketiga, diperlukan penguasaan akan seni dan ilmu berinovasi yang selama ini kita ketahui dari pengalaman  mengelola inovasi, khususnya yang berkaitan dengan  studi tentang produk dan teknologi. Terdapat 40 negara maju di dunia saat ini yang peningkatan  GDP nya berasal  dari sektor jasa atau pelayanan ketimbang dari  sektor riil, seperti pertanian. Dalam rangka melestarikan kesejahteraan dan lapangan kerja berupah tinggi seperti di negara maju, kita harus belajar tentang bagaimana mengelola   inovasi jasa atau pelayanan, yang kemungkinan  berbeda dari cara kerja mengelola produk riil. Dengan demikian, seseorang dapat memprediksi bahwa formula kemenangan untuk mengelola inovasi pada dekade berikutnya dapat terjadi dengan  pendekatan inovasi pelayanan terbuka. Langkah pertama menuju inovasi pelayanan yang sukses adalah dengan  mengakui bahwa pelanggan adalah jantung dari inovasi pelayanan. Jasa atau pelayanan merupakan substansi yang tidak berwujud, namun sesuatu yang memiliki nilai, sementara nilai adalah pengalaman  yang pernah diterima atau dirasakan oleh para pelanggan. Karena pengalaman bersifat  subyektif, maka dua orang pelanggan dapat merasakan pelayanan yang sama dengan  penerimaan yang berbeda. Oleh karena itu, inovasi dalam bidang pelayanan akan membutuhkan upaya taktikal yang berbeda dibandingkan dengan inovasi dibidang  produk riil. Salah satu cara misalnya, mengundang pelanggan untuk berpartisipasi sebagai ko-inovator merupakan  metode penting yang perlu ditempuh oleh para pelaku bisnis untuk memanfaatkan adanya faktor subjektivitas tersebut,  dan hal ini akan membedakan perusahaan mereka dari para pesaing, sambil menciptakan suatu nilai lebih bagi  para pelanggannya. Sebagaimana terobosan yang telah dilakukan perusahaan Lego dalam menembus pasar yang sama sekali baru, dengan memberi kemungkinkan pada para pelanggan untuk memodifikasi perangkat lunak Mindstorms dalam memanipulasi permainan robotika bagi anak-anak, dengan demikian para guru menyadari bahwa mereka bisa menggunakan pelayanan ini guna menyusun kurikulum untuk mengajarkan robotika bagi para siswa sekolah menengah. Para pelaku bisnis juga perlu menyadari bahwa mereka membutuhkan fokus pada kekuatan bisnis  inti mereka di satu sisi, sekaligus  memberikan berbagai pilihan kepada para pelanggan pada sisi yang lain. Salah  satu cara untuk melakukan keduanya agar menguntungkan adalah dengan melakukan bisnis secara terbuka, yaitu menyusun suatu  platform dimana  pihak lain dapat  bekerja sama sebagaimana dijelaskan diatas. Membuka ruang bisnis bagi pihak lain akan memungkinkan perusahaan menyediakan one-stop shopping bagi para pelanggan, sejalan dengan hal itu juga untuk meningkatkan kegiatan bisnis inti mereka. Amazon telah membangun halaman web mereka guna menawarkan barang dagangan kepada para pelanggan Amazon, dimana para pelanggan tidak perlu banyak bertanya lagi apakah barang yang mereka beli adalah produk Amazon. Dalam hal ini Amazon cukup berfokus pada kekuatan inti di ritel internet, dan menyediakan struktur bagi banyak pihak ketiga untuk menjual berbagai barang dagangan bagi para pelanggan Amazon, tanpa harus mengambil risiko untuk terlibat dalam kompleksitas pengelolaan logistic dan merchandising. Dengan berfokus pada inovasi pelayanan, maka dengan sendirinya akan menempatkan para pelanggan pada pusat proses, dibarengi dengan membuka diri dan merangkul perusahaan lain untuk terjadinya suatu perubahan internal. Ini berarti bahwa inovasi pelayanan terbuka akan mengubah model bisnis yang sudah ada sebelumnya. Inovasi pelayanan terbuka akan mewajibkan perusahaan untuk menawarkan cara baru terhadap para pelanggan, yaitu menggunakan mekanisme yang berbeda dalam hal pengiriman dan pembayaran, dan bahkan  menemukan arus pendapatan tambahan untuk mendukung suatu bisnis. Tentu saja membuka diri terhadap pihak luar akan membutuhkan berbagi risiko dan manfaat keuangan. Pesaing tradisional dapat menjadi pelanggan atau mitra dalam model bisnis baru, meskipun mungkin ada beberapa hal yang dapat bertentangan mengenai saluran distribusi  untuk mencapai pasar. Perusahaan yang melakukan inovasi pelayanan akan belajar untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi. Jasa atau pelayanan  bisnis global IBM dapat mendukung produk pesaing di lokasi area para pelanggannya, dengan berbagi informasi teknis dengan para pesaing yang akan mendukung produk-produknya juga. Pelayanan bisnis, kini telah menyumbang lebih dari 50 persen pendapatan, dan telah menambah keuntungan IBM. Begitu pula dengan Xerox yang menawarkan pelayanan untuk mengelola semua mesin fotokopi dan printer milik para pelanggan, terlepas dari  pembuat produk mesin tersebut.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close