People Innovation Excellence

Entrepreneur Politik [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Mengikuti wacana berpikir Mc Clelland, seorang psikolog pemrakarsa lahirnya program pelatihan pembentukan dasar perilaku entrepreneurAchievement Motivation Training Program– mengungkapkan bahwa pada hakikatnya seorang entrepreneur akan memiliki profil kepribadian yang berbeda dengan seorang intrapreneur. Dalam diri seorang entrepreneur terkandung energi motivasi atau tindakan yang didominasi oleh keinginan atau motif berprestasi dan berkuasa yang sangat tinggi, dibarengi motif afiliasi yang cenderung sedang-sedang saja. Sementara itu, dalam diri seorang intrapreneur terkandung energi motivasi atau tindakan yang didominasi oleh keinginan atau motif berprestasi yang sangat tinggi dan motif berafiliasi yang cenderung sedang-sedang saja, dibarengi motif berkuasa yang relatif rendah.

Dengan profil kepribadian seperti itulah kita menyaksikan kiprah entrepreneur politik –baik dalam lingkup lokal, nasional, internasional, regional, maupun global– yang ada kalanya menampilkan kisah sedih, yakni: sukses di masa awal dan hancur di puncak karir. Namun demikian, kekaguman masyarakat pada komunitas entrepreneur ini tidaklah pudar tatkala kisah kemampuan diri, baik potensial maupun aktual, yang sangat luar biasa untuk mencoba berinisiatif mengatasi krisis ekonomi-bisnis, politik, dan sosial-budaya kemasyarakatan lainnya sebagai sebuah keniscayaan proses yang perlu dilalui, sebelum mereka akhirnya mewujudkan berbagai langkah gagasan kepeloporannya menjadi suatu kenyataan yang tak terbantahkan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close