People Innovation Excellence
 

Kepemimpinan Politik Berkelas [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Tampaknya, dalam dentingan waktu yang tidak terlalu lama lagi, di tahun 2014 ini, masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia akan merayakan pesta demokrasi, yakni melangsungkan PEMILU untuk memilih salah seorang politisi menjadi Presiden. Walau pun waktu sedemkian cepat berlalu, namun tentunya masih terbayangkan di benak masyarakat dan bangsa Indonesia suasana yang riang tatkala mereka beramai-ramai terjun berpesta demokrasi mencoblos tanda gambar dan politisi pilihan mereka.

Rasanya tak pernah terbayangkan dibenak mereka, jika kemudian dibelakang hari, kedua PEMILU sebelumnya, di tahun 2004 dan 2009, telah menyisakan kegalauan mendalam, karena memunculkan sosok para politisi cukup cerdas namun dengan kapasitas mentalitas relatif terbatas, yang menyiratkan suatu sinyal bahwa tanpa disadari dirinya telah berperilaku sebagai figur politisi yang kurang berkelas. Potret seperti inilah yang saat ini mungkin sedang dihadapi masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia. Dilema yang sangat krusial ini terindikasikan oleh banyaknya politisi pandai dan cerdas,  kaya, berpendikan formal tinggi, serta memiliki mobilitas yang tinggi dan fleksibel, namun kurang dibarengi dengan kepribadian yang mumpuni dan berkelas.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close