People Innovation Excellence

Kepemimpinan Politik Berkelas [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Patut disadari bahwa tumbuh kembangnya profil tokoh-tokoh politik yang berkelas atau pun yang tidak, biasanya sangat berkaitan erat dengan setting psikososial yang melatarbelakanginya, terutama setting pada saat mereka baru terjun di dunia politik, baik ditingkat nasional maupun daerah. Jika kekhawatiran mendasar perihal kurang berkelasnya perilaku dan sepak terjang para politisi saat ini –khususnya mereka yang tengah memiliki posisi dan peran penting di lembaga eksekutif, legislatif, atau yudikatif– maka kesemuanya itu tak dapat dilepaskan konteksnya dari setting makrososial era rezim Orde Baru di masa lalu.

Seandainya ditelusuri kembali kebelakang, maka akan terbentuk ingatan kolektif kita pada para politisi di era Orde Baru yang memperoleh posisi strategik di pentas politik –baik di tingkat nasional maupun daerah– secara instan, tanpa perjuangan yang proporsional. Proses seperti ini ternyata telah melahirkankan politisi-politisi yang cukup memiliki kecerdasan, namun dengan struktur kepribadian yang timpang dan kurang matang, kurang sabaran, kurang bertangujawab, dan kurang memiliki kepekaan terhadap dinamika dunia perpolitikan, baik di tingkat nasional, regional, dan bahkan global.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close