People Innovation Excellence

Kepemimpinan Politik Berkelas [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Berbeda dengan perilaku para politisi di dunia Barat, yang rata-rata menempuh perjalanan karirnya dari bawah. Mereka mengasah sensitivitas sekaligus kematangan kepribadiannya untuk kelak menjadi seorang tokoh yang berkelas. Oleh karenanya, jarang dijumpai disana, ada individu yang berkehendak menjadi politisi yang serba mendadak. Mereka sadar alam perpolitikan adalah jauh lebih sulit, elastis, dan rumit ketimbang dunia bisnis yang serba pragmatis, dunia kemiliteran yang serba taktis, keagamaan yang serba etis, atau pun bidang pendidikan yang serba filosofis.

Wajarlah jika di masa “Revousi Belum Selesai” telah mencatat begitu banyak kemunculan figur-figur pemimpin berkelas. Sedari usia muda mereka sudah menunjukkan bakat dan totalitas kepribadian diri selaku individu yang cerdas dan berkelas, yang mana seringkali membuat pihak penjajah Belanda maupun Jepang, menjadi segan tatkala berhadapan muka.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close