People Innovation Excellence

Kepemimpinan Politik Berkelas [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dampak keorganisasian yang langsung terasakan dari hadirnya para politisi yang kurang berkelas ini adalah pada tumbuh-kembangnya kerancuan langkah-langkah pemimpin partai politik yang lebih mengedepankan perilaku taktikal –bertindak hanya untuk kepentingan sesaat– ketimbang perilaku strategikal yang berdimensi jangka panjang. Tidak mengherankan jika kemudian kita hanya disuguhi berbagai manuver politik gampangan dan terlalu transparan yang dengan jelas menampakkan tirai motivasi material-finansial semata.

Semenjak reformasi bergulir, rasanya dipentas perpolitikan Indonesia tidak pernah sedikit pun disaksikan lahirnya kepemimpinan berpolitik yang elok, unik, dan berkelas. Yang nampak hanya titian langkah grasak-grusuk diburu nafsu, saling menghujat seolah dirinyalah yang paling benar sendiri selama ini, berkomentar tanpa pemikiran yang matang, semena-mena menuding pihak lain atas segala kekisruhan yang terjadi dan menurunnya motivasi berprestasi seiring dengan masifnya motivasi mempertahankan status quo dengan cara apa pun juga.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close