People Innovation Excellence

Kepemimpinan Politik Berkelas [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Menginsyafkan sepak terjang perilaku politik Indonesia kini, tampaknya patut dijadikan program andalan bagi segenap pihak yang berkepentingan agar sang kandidat lolos ke gerbang kepresidenan dengan efektif dan efisien. Program ini terutama ditujukan dalam rangka meneguhkan watak berkelas para politisi untuk sedapat mungkin terhindar dari sindroma Big Style.

Untuk itu, perilaku kepemimpinan para politisi yang berkelas —melalui bench-marking terhadap para politisi negara-negara ASEAN— lazimnya akan mengejawantah pada individu yang rata-rata berkarakteristik sangat menyadari batas-batas potensi yang ada dalam dirinya, rendah hati, menyatunya kata dan perbuatan, menghargai perempuan, memegang teguh komitmen lisan maupun tulisan, menghayati posisi dan peran apa yang layaknya akan dijalani secara proporsional, jujur, berdisiplin, bersahaja, bekerja keras, cerdas, dan berani berkorban tanpa menganggapnya sebagai beban. Viva PEMILU 2014.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close