People Innovation Excellence

The Era of Self Management [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dunia sedang mengalami tantangan ekologi, ekonomi, sosial, dan politik yang belum pernah terjadi sebelumnya. Akibatnya, sejumlah organisasi di dunia saat ini tengah mencari struktur, sistem, cara pengoperasian dan kepemimpinan alternatif. Sejumlah organisasi bisnis tengah dihinggapi dilema tentang apakah mereka akan merebut keuntungan jangka pendek dan sekaligus memaksimalkan keuntungan para pemegang saham, atau mengembangkan strategi jangka panjang, untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan bagi masa depan para pekerja  dan masyarakat secara keseluruhan. Sejumlah isu tentang The End of Management dan The Rise of Democracy Organization  mengetengahkan gagasan baru yang radikal tentang organisasi masa depan sekaligus tentang bagaimana proses mengubah model kepemimpinan memasuki abad ke 21. Alih-alih Kenneth Cloke dan Joan Goldsmith menyampaikan gagasan untuk mengakhiri manajemen tradisional dan mengungkapkan unsur-unsur kunci yang diperlukan untuk menciptakan organisasi yang lebih kolaboratif, demokratis, self-managing organization yang akan berkembang di masa depan. Mereka mencoba menjelaskan bagaimana organisasi bisnis, organisasi pemerintahan, organisasi pendidikan, dan organisasi nirlaba lainnya secara dramatik dapat ditingkatkan kapasitasnya dengan memberdayakan  para pekerja  agar menyadari kemampuan diri mereka sendiri untuk mengelola dan bertanggung jawab atas terobosan  transformasional. Dengan melakukan pendekatan kolaboratif, self-management, dan  demokratisasi organisasi secara fundamental dimaksudkan tidak hanya untuk mengubah bagaimana cara mereka bekerja, akan tetapi juga mengubah sifat pekerjaan itu sendiri. Organisasi akan membuat kebijakan yang fleksibel berbasis nilai, dan mengembangkan prosedur yang langsung adaptif dan responsif terhadap kebutuhan para pelanggan, sekaligus memanfaatkan konflik sebagai kesempatan bagi  pembelajaran dan pengembangan. Cloke dan Goldsmith menawarkan gagasan praktis untuk membentuk suatu organisasi berbasis nilai, sekaligus menyampaikan ide-ide untuk menciptakan suatu inovasi, self-management, membentuk tim kerja berkinerja tinggi, serta bagaimana mengidentifikasi dan mengoreksi sistem yang diperlukan untuk menjaga agar organisasi secara praktik tetap berjalan demokratis. Tidak hanya mengembangkan seperangkat nilai-nilai bersama saja, akan tetapi mempraktikannya juga dalam pemilihan CEO secara demokratik, memperpendek jenjang hirarki,  serta merancang sistem yang dapat mengoreksi dirinya sendiri  dan lain sebagainya. Cloke dan Goldsmith menyampaikan gagasan tersebut, setelah tiga puluh tahun berkecimpung  dalam pengalaman praktik sebagai konsultan yang menangani ratusan organisasi di Amerika Serikat dan di belahan dunia internasional lainnya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close