People Innovation Excellence

The Era of Self Management [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Memang dewasa ini tengah berlangsung  pencarian  paradigma untuk konteks baru organisasi masa depan, yakni upaya ditemukannya format organisasi yang harus mampu menghasilkan produk dengan kualitas tinggi,  kompetitif, mampu memuaskan para pelanggan, namun tidak merusak planet bumi ini atau tidak merendahkan harkat atau martabat kehidupan manusia sebagai penghuninya.  Kebangkitan  organisasi demokratis merupakan inisiatif radikal tentang pengembangan organisasi yang akan memerangi kekuatan destruktif globalisasi, mengakhiri organisasi yang otoriter dan  paternalistik  menuju demokratisasi organisasi yang  dibentuk dalam konteks nilai-nilai, etika, dan integritas. Kombinasi kolaborasi, self-management, dan demokratisasi organisasi dapat memecah batas-batas lama dan akan  memicu perubahan berkelanjutan yang sangat penting untuk sukses di abad ke 21 ini. Jika kita pernah bertanya-tanya tentang mengapa kehidupan organisasi nampak menjadi begitu disfungsional, para pekerja melulu hanya mementingkan gaji dan masa depan mereka, dan menolak untuk berpikir dan bertindak sebagai seorang pemilik organisasi, maka hal  ini bukan kesalahan mereka dan hal itu juga bukan kesalahan para eksekutif. Kesalahannya terletak pada ekosistem organisasi bisnis yang diciptakan oleh praktik-praktik manajemen tradisional. Sebenarnya para pekerja telah berlaku cerdik dalam membaca ekosistem mereka dan mencari tahu bagaimana untuk mencapai kesejahteraan. Praktik manajemen tradisional telah memicu perilaku para pekerja yang merugikan kinerja organisasi secara menyeluruh.  Pertanyaan yang muncul kemudian adalah jenis ekosistem apa yang akan memfasilitasi munculnya perilaku pekerja yang lebih bertanggung jawab, berjiwa  wirausahawan, dan self-managing? Awal yang paling sulit adalah membongkar asumsi yang mendasari manajemen tradisional yang telah begitu tertanam dalam  cara  berpikir  kita tentang kepemimpinan, manajemen, dan disain organisasi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close