People Innovation Excellence
 

The Era of Self Management [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Ambillah sebuah contoh dalam konteks  lalu lintas berkendaraan. Kita mendefinisikan kinerja yang baik sebagai arus lalu lintas aman, tertib dan lancar. Otoritas lalu lintas memiliki cara yang berbeda dalam  “mengelola” kelancaran arus lalu lintas ini. Salah satu alternatifnya adalah dengan penggunaan lampu lalu lintas. Namun sebelumnya, mari kita bertanya pada diri sendiri tentang siapa “pengelola” sebenarnya dalam melakukan pengendalian lalu lintas?  Sejak dulu, tidak ada seorang pun yang duduk di bawah tiang trafik-light dalam pengaturan lalu lintas. Dewasa ini  interval pergantian waktu merah-kuning-hijau diputuskan pada beberapa titik waktu yang berbeda berdasarkan kepadatan volume lalu lintas dengan menggunakan suatu pola, sehingga kita tidak perlu  menunggu giliran  lampu hijau terlalu lama, atau suatu kemacetan tidak dibiarkan terjadi begitu saja. Dari sini dapat disimpulkan, bahwa kinerja dikelola oleh “seseorang” yang ternyata tidak hadir dalam situasi tersebut, dengan memanfaatkan sebuah sistem berbasis aturan sederhana. Hijau berarti jalan, merah berarti berhenti, meskipun kuning sering mengundang interpretasi yang berbeda. Dengan kata lain terdapat  suatu sistem pengaturan terpusat, dimana keputusan dibuat sebelumnya. Sekarang mari kita bayangkan lalu lintas di sebuah bundaran, yakni cara lain untuk mengelola kinerja lalu lintas. Kita ajukan lagi pertanyaan, yakni siapa yang memegang kendali disini, dan atas landasan  informasi apa suatu  keputusan dibuat?


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close