People Innovation Excellence

The Era of Self Management [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Suatu informasi real-time diberikan untuk memandu keputusan.  Semua orang dihadapkan untuk membuat keputusan yang tepat saat mereka memasuki bundaran. Setiap orang menangkap peluang untuk jalan, atau bereaksi terhadap ancaman mobil lain setelah mengamati situasi yang sebenarnya, dan bukan berdasarkan instruksi tetap yang telah ditentukan dan direncanakan dari atas. Pengendara perlu menjaga kecepatan dan pengaturan  jarak ke mobil lain. Agar lalu lintas di bundaran berjalan dengan baik, maka sesuatu yang lain harus berada di tempat. Hal tersebut adalah  sistem kontrol yang sangat tergantung pada self-management yang kuat berupa  nilai-nilai yang dianut oleh para pengemudi. Perlu ada tujuan bersama jika ingin lalu lintas mengalir dengan baik. Para pengemudi perlu jeli dan menaruh perhatian, khususnya ketika mencoba memahami maksud orang lain serta bagaimana agar tujuan kita juga terbaca oleh orang lain dengan jelas.  Dengan demikian, pendekatan mengatur diri sendiri ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengelola lalu lintas.  Meskipun kita tahu bahwa jauh lebih sulit untuk berkendaraan di bundaran ketimbang berhubungan dengan lampu lalu lintas.  Dengan demikian, kompetensi dalam hal ini hanya akan datang dengan pengalaman. Sama seperti dalam organisasi, kompetensi adalah kunci dan membiasakan sesuatu yang baik sering jauh  lebih sulit! Ringkasnya, bundaran umumnya lebih efisien ketimbang lampu lalu lintas, karena bundaran menciptakan kondisi untuk berlangsungnya suatu kinerja. Bundaran membentuk suatu kerangka kerja dan aturan yang lebih berbasis nilai. Bundaran memberikan kewenangan bagi mereka yang paling dekat dengan situasi untuk membuat keputusan yang tepat, berdasarkan informasi real-tim. Model demikian dipilih bukan karena cara tersebut dianggap yang paling mudah, akan tetapi karena hal tersebut merupakan cara terbaik. Dalam  pengembangan bisnis,  para pelaku bisnis perlu terus-menerus memikirkan peluang dan cara-cara baru untuk menciptakan nilai dan “win-win solution”. Semua didorong untuk saling percaya, saling mengingatkan tentang perlunya presisi, dan bahkan juga perlunya kesetiaan kepada keputusan yang diambil. Artinya, bagaimana kreativitas dan kepatuhan dapat hidup berdampingan secara damai dan harmoni.  Kita tidak perlu mengorbankan sesuatu  untuk yang lain. Kita hanya perlu memiliki dua pikiran di kepala kita pada waktu yang bersamaan. Kita sebaiknya tidak melihat segalanya  sebagai suatu dilema, tetapi sebagai aspek yang saling terjalin dalam menjalankan organisasi apapun. Inovasi tidak cukup terhenti dengan kreativitas, akan tetapi  juga membutuhkan penyebaran. Apa yang ditemukan dan dikembangkan juga harus dioperasikan dengan cara yang aman dan konsisten.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close