People Innovation Excellence

The Era of Self Management [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pada masa lalu,  para manajer adalah pimpinan boneka  yang dipilih oleh kekuatan “dari atas” sebagai sarana mengerahkan kontrol. Tidak penting apakah mereka memiliki keterampilan kepemimpinan atau tidak, karena para pekerja yang dipimpin tidak punya pilihan lain.  Para eksekutif tidak akan pernah memilih seorang manajer yang akan mendukung kepentingan pekerja pada tingkat yang sama dengan kepentingan mereka sendiri. Memang para manajer akan memainkan berbagai peran, akan tetapi yang paling utama mereka bertugas sebagai penyangga diantara dua kelompok orang  – para eksekutif dan para pekerja –  yang posisinya sering berseberangan. Para manajer akan melegitimasi perilaku para  eksekutif dengan menciptakan kesan bahwa pemisahan  dskriminatif diantara mereka adalah konsekuensi dari spektrum kontinum. Dengan sendirinya, struktur organisasi  agar efektif dibangun  dengan hirarki feodal. Sama seperti raja-raja abad pertengahan yang tidak pernah peduli bagaimana para bangsawan dan tuan tanah memperlakukan  petani mereka, asalkan upeti dibayar, sehingga para manajer umumnya memiliki kekuasaan sepihak atas para pekerja. Manajer dipercaya untuk melaksanakan kepentingan organisasi, tentu saja hal ini rentan akan terjadinya penyelewengan, dimana para  manajer dapat menyalahgunakan kekuasaan untuk memaksa para pekerja  memenuhi tujuan karir para manajer ketimbang  tujuan organisasi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close