People Innovation Excellence

NonFormal Leadership (Bagian 3)

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Jika kita menoleh pada pemerintahan dimasa Orde Baru di bawah kepemimpinan mantan Presiden Soeharto, di kalangan komunitas bisnis serta asosiasi terkait, sudah muncul kesadaran akan adanya perbedaan sistemik seperti hal tersebut di atas. Oleh karenanya, untuk mengurangi kemungkinan terjadinya konflik hubungan industrial antara majikan dengan para pekerja atau buruh, jalan pintas yang kemudian dilakukan oleh mereka adalah melaksanakan tindakan persuasif dan bahkan merekrut para pemimpin nonformal dan serikat pekerja untuk duduk dan berpartisipasi di dalam kepengurusan serikat pekerja yang tunggal. Kepandaian rezim Orde Baru dalam melacak tokoh nonformal tersebut, yang memang legitimit dan kegigihan untuk membujuk mereka agar turut berpartisipasi mensukseskan kegiatan bisnis dan asosiasi terkait yang sudah dicanangkan, ditambah dengan tindakan represif bagi para pekerja atau buruh yang membangkang, nampaknya dirasakan efektif untuk melahirkan atmosfir pemerintahan yang stabil, ternyata cukup kondusif bagi ke- langsungan dan pengembangan dunia bisnis (going concern) selama kurun waktu tiga puluh tahun. Sejalan dengan hal ini, kita pun menyaksikan suatu zaman dimana para tokoh serikat pekerja, untuk survival dirinya, mencoba memainkan dua peranan yang ambigu, yakni antara selaku peran keperantaraan rekan-rekannya dan peran perpanjangan tangan penguasa negara dalam nuansa bubble economics.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close