People Innovation Excellence
 

NonFormal Leadership (Bagian 5)

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sejarah pun nampaknya kembali berulang. Di masa lalu, sebelum lahirnya SUPERSEMAR (Surat Perintah Sebelas Maret) yang merupakan simbol tumbangnya kekuasaan rezim Orde Lama oleh kekuatan rezim Orde Baru, marak pula demonstrasi di berbagai entitas bisnis, secara bergantian, yang digerakkan para pemimpin nonformal serikat pekerja dari berbagai ideologi. Perbedaan demonstrasi masa Orde Lama dengan masa Orde Baru hanyalah pada isu sentral yang dilontarkan sebagai faktor penggeraknya. Jika di masa transisional dari Orde Lama ke Orde Baru, isu yang dijadikan stimulus adalah yang berkaitan dengan pembelaan terhadap ideologi tertentu, maka di masa transisional dari Orde Baru ke Orde Reformasi, isu penggerak demonstrasi dewasa ini senantiasa berkaitan dengan persoalan keadilan dan peningkatan  taraf hidup masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia, khususnya dikalangan para pekerja atau buruh.

Berdasarkan pengamatan psiko-industrial terhadap pola perilaku kolektif beragam komunitas bisnis, sebelum dan sesudah pergantian pemerintahan, dapat kiranya dicatat bahwa pergantian kekuasaan dari pemerintahan Orde Lama ke Orde Baru, dan dari Orde Baru ke Orde Reformasi, mengubah pola komposisi personalia kepemimpinan formal dan nonformal di sebagian besar entitas bisnis (organisasional dan/atau nonorganisasional). Jika di komunitas bisnis, perubahan komposisi dan pergeseran konfigurasi personalia kepemimpinan formal dilakukan melalui mekanisme uang dan kepemilikan saham, maka perubahan komposisi dan pergeseran konfigurasi kepemimpinan nonformal di lingkungan para pekerja atau buruh, justru dilakukan melalui berbagai demonstrasi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close