People Innovation Excellence
 

NonFormal Leadership (Bagian 6)

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Demonstrasi para pekerja atau buruh yang marak belakangan ini, tidak semata-mata tercetus karena adanya motivasi para pekerja atau buruh untuk menuntut perbaikan nasib mereka, akan tetapi di balik tabir itu, dapat dipersepsikan sebagai tengah berlangsungnya perebutan pengaruh antara kepemimpinan nonformal sesama para pekerja atau buruh; dan melalui mekanisme demonstrasi inilah akan muncul pemimpin nonformal yang baru di zaman yang berbeda.

Patut disadari sejak dini bahwa permasalahan pokok yang muncul dewasa ini –seiring dengan kiprahnya Orde Reformasi– terletak pada rancunya pengetahuan dan informasi dikalangan para pengambil keputusan  –langsung atau pun tidak langsung—berkenaan dengan peta baru kepemimpinan nonformal di masyarakat, khususnya di kalangan para pekerja atau buruh. Maraknya demonstrasi yang dilakukan oleh serilat pekerja akhir-akhir ini, patut dimaknai sebagai awal kegagalan kita dalam memahami telah berubahnya figur-figur kepemimpinan nonformal di lingkungan mereka, yang ditandai dengan munculnya figur-figur baru yang relatif berusia muda dan masih belum dikenal sosok dan profilnya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close