People Innovation Excellence

LEADERSHIP VERSUS FOLLOWERSHIP [Bagian 10]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sekali lagi, ketika kita berpikir tentang kepemimpinan( leadership ), maka kita cenderung berfokus hampir sepenuhnya pada tema peran kepemimpinan semata. Padahal tanpa pengikut, tidak ada pemimpin. Oleh karena itu kepemimpinan partisipatif adalah bentuk kepemimpinan dimana antara pemimpin dan pengikut terjalin hubungan yang saling menguntungkan dan  masing-masing diantara mereka akan mendorong efektivitas kerja satu dengan lainnya. Kunci dari  proses ini adalah mendengarkan, karena tema kepemimpinan sebaiknya adalah  tentang bagaimana menjadi pendengar yang baik. Sejak awal, para pemimpin perlu mengetahui nilai-nilai, keyakinan, identitas, dan aspirasi para pengikutnya. Adanya gap  atau  kesenjangan antara apa yang diinginkan para pemimpin dan apa yang diinginkan para pengikut, sebenarnya dapat ditelusuri kembali, dan hal ini sering bermuara pada adanya ketidak selarasan pada unsur-unsur yang ada pada para pemimpin dan para pengikut tentang apa yang mereka pikirkan berikut identitas mereka, terutama menemukan kesamaan untuk berfungsi dan berkembang secara bersama-sama. Dalam hal ini para pemimpin dapat dikatakan efektif jika mereka mampu memindahkan para pengikutnya dari satu peran ke peran yang lainnya, dengan suatu pemahaman bahwa para pengikutnya percaya bahwa mereka merasa diwakili, dan kemudian mampu membuat suatu identitas bersama. Menurut para pakar, kemampuan membuat  sebuah identitas bersama adalah dasar dari suatu kepemimpinan yang berpengaruh dan kreatif. Jika para pemimpin sadar akan realitas ini, maka mereka akan mampu mengubah dunia.  Oleh karena itu seorang pemimpin perlu menafsirkan dirinya sendiri dan kebijakannya dalam kaitan dengan identitasnya secara bersama.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close