People Innovation Excellence
 

LEADERSHIP VERSUS FOLLOWERSHIP [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Followership adalah konsep sederhana, tidak lebih berupa kesediaan menjadi bagian dari tim kerja suatu organisasi.  Seberapa baik para pengikut mampu berpartisipasi,  sama pentingnya  sebagaimana  seberapa baik para pemimpin mampu memimpin, sehingga predikat pengikut yang “excellent” bisa menjadi hal yang lazim. Untuk menjadi seorang pengikut yang baik diperlukan juga seperangkat kualitas.  Pertama, memiliki penilaian yang baik. Dalam hal ini para pengikut harus pandai mengambil arah, namun tetap berpatokan pada kewajiban dan bertindak pada kerangka etik yang tepat. Maksudnya adalah sejauh mana para pengikut dapat menilai arah yang ditempuh para pemimpin mereka,  sehingga mereka dapat mengoreksi langkah para pemimpin yang keliru. Tidak ada yang membantah bahwa melakukan penilaian yang baik sangat penting untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, dan hal ini berlaku pula bagi seorang pengikut. Memberikan penilaian yang obyektif dalam posisinya sebagai pengikut  malah dapat menghantarkan dirinya untuk menjadi pemimpin, dari hirarki manapun mereka tadinya berada. Kedua, etos kerja. Pengikut yang baik adalah pekerja yang baik pula. Mereka dikenal dengan sifatnya yang rajin, termotivasi, berkomitmen, dan memperhatikan secara detail dalam bekerja. Para pemimpin memiliki wewenang dan tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang berkualitas dan kondusif, dan dibalik itu wewenang dan tanggung jawab dari para pengikut adalah menjadi pekerja yang baik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close