People Innovation Excellence

LEADERSHIP VERSUS FOLLOWERSHIP [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kelima, keberanian. Dalam hal ini para pengikut perlu memiliki keberanian dalam menyampaikan kebenaran ​​terhadap pemimpin mereka. Dibutuhkan keberanian yang nyata untuk menyampaikan  tentang keprihatinan terhadap agenda kerja para pemimpin yang buruk.  Keenam, bijaksana. Dalam hal ini  seseorang  tidak hanya disarankan untuk menjadi pengikut yang baik semata,  akan tetapi juga harus bijaksana (wisdom). Artinya semua orang yang bekerja di suatu organisasi  memiliki tugas memelihara iklim organisasi yang baik. Ketujuh, loyalitas. Dalam hal ini para pengikut yang baik akan menghormati kewajibannya untuk setia kepada organisasi mereka. Loyalitas terhadap  visi, misi dan tujuan organisasi sangat penting ketika mereka dihadapkan pada suatu masalah, baik masalah yang berkenaan dengan hubungan interpersonal atau masalah yang berhubungan dengan seorang pemimpin tertentu. Para pengikut yang tidak setia dapat menjadi sumber kesulitan, dan mereka dapat  menciptakan masalah diantara anggota tim  kerja dan dapat pula membahayakan pencapaian tujuan  dan membuang waktu sesama mereka. Tentu saja loyalitas tidak sinonim dengan kepatuhan  hewan  piaraan,  yang esensinya adalah kesetiaan dan komitmen kuat terhadap visi, misi dan tujuan organisasi  dan hal lainnya yang akan dicapainya. Para pengikut perlu  mengingat bahwa kewajiban mereka adalah terhadap organisasi, dan bukan terhadap para pemimpin yang hanya menjabat pada suatu periode waktu tertentu.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close