People Innovation Excellence

LEADERSHIP VERSUS FOLLOWERSHIP [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kedelapan, mampu mengelola ego. Dalam hal ini para pengikut yang baik akan  memiliki kendali terhadap ego mereka. Mereka adalah bagian dan sekaligus pemain tim kerja dalam arti yang sesungguhnya. Mereka dituntut memiliki kemampuan interpersonal yang baik. Suksesnya para  pengikut,  berkaitan dengan kinerja dan pencapaian tujuan tim kerja dan organisasi, dan tidak pada pengakuan dan promosi pribadi mereka semata. Memang hal ini kedengarannya terlalu romantik untuk diwujudkan  menjadi suatu kenyataan. Namun  organisasi terbaik tentunya ingin mendorong terjadinya suatu kemajuan dan memberikan penghargaan terhadap kinerja dan pencapaian tujuan organisasi sekuat apapun yang dapat mereka lakukan. Pada kenyataannya followership akan selalu berada di bawah bayang-bayang kepemimpinan. Akan tetapi  tidak ada pemimpin tanpa pengikut atau  sukses diatas dukungan pengikut yang lemah. Sering dikatakan  bahwa sebuah organisasi yang baik akan ditentukan oleh sejauh mana langkah  para pemimpinnya. Artinya kepemimpinan yang kuat sangat penting untuk memastikan stabilitas dan keberhasilan organisasi.  Ambil contoh seorang dokter yang dilihat oleh masyarakat sebagai seorang pemimpin dan sering mengambil peran kepemimpinan baik di tempat kerja dan di masyarakat. Namun demikian,  dibalik itu seorang dokter menghabiskan sebagian besar karir mereka terlatih sebagai pengikut, yakni diantaranya bertanggung jawab kepada dokter yang lebih senior. Bahkan ketika sepenuhnya berpraktek sebagai konsultan atau dokter umum, para dokter tidak selalu dalam posisi menjadi pemimpin. Ketika mereka harus bekerja  dalam suatu komite atau tim kerja, mereka akan sering mengambil peran sebagai  pengikut. Dengan demikian, konsep followership memiliki bagian yang sangat penting dalam keberhasilan setiap misi kerja tim dan hal ini sering terlupakan. Hal ini juga mencerminkan bahwa adanya penekanan budaya modern yang hanya tertuju pada aspek  kepemimpinan semata, dan kecenderungan untuk mengabaikan peran vital dari followership. Berbagai kisah di media tentang  kepemimpinan dengan semua aspek positif dan segala keberhasilannya, adakalanya mengkerdilkan  para pengikut hanya  sebagai mahluk jinak dan impoten. Semua kisah sukses selalu ditampilkan tentang seorang pemimpin, dan tidak pernah tentang seorang pengikut  serta hal itulah yang selalu terpampang di setiap media terkemuka saat ini.  Bill Gates mungkin telah mendirikan dan memimpin Microsoft, tetapi tidak bisa mencapai sukses tanpa pengikut yang bekerja untuknya. Pelayanan jasa kesehatan di seluruh dunia tidak akan berfungsi tanpa dukungan dari mayoritas pekerja  yang tidak berada dalam posisi kepemimpinan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close